TUGAS MPI 3 SOAL

Business Intelligence adalah sebuah proses untuk melakukan ekstraksi data-data operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah data warehouse.
Knowledge Managament adalah usaha untuk meningkatkan pengetahuan yang berguna dalam organisasi, diantaranya membiasakan budaya berkomunikasi antar personil, memberikan kesempatan untuk belajar, dan menggalakan saling berbagi knowledge. Dimana usaha ini akan menciptakan dan mempertahankan peningkatan nilai dari inti kompetensi bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada.
Data warehouse adalah metode dalam perancangan database, yang menunjang DSS(Decission Support System) dan EIS (Executive Information System).

Korelasi
Pada suatu perusahaan yang akan membangun sebuah sistem pasti merancang database menggunakan metode data warehouse karena data warehouse menunjang (Decission Support System) dan EIS (Executive Information System). Sebelum database dikembangkan, akan melalui proses business intellegence atau pengekstraksian data-data operasional perusahaan lalu dikumpulkan ke dalam data warehouse. Jika sistem sudah jadi, saatnya perusahaan meningkatkan pengetahuan yang dapat mempertahankan peningkatan nilai dari inti kompetensi bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada.

Bagaimana mengekstraksi tacit menjadi eksplisit?
Pengetahuan tacit merupakan pengetahuan yang sulit dijelaskan dalam kata-kata. Ada beberapa cara untuk mendapatkan pengetahuan tacit, antara lain : mewawancarai para ahli, belajar dengan diberitahukan, dan belajar dengan observasi. Jika seseorang sudah mendapatkan pengetahuan itu, kemudian menerjemahkannya ke dalam pengetahuan eksplisit atau pengetahuan yang nyata seperti : prosedur. Pengetahuan eksplisit bisa dalam bentuk tulisan atau buku. Sehingga memudahkan dalam penerapan pengetahuannya.

Bagaimana cara dokter-dokter spesialis jantung yang ada di tiap-tiap rumah sakit dapat terintegrasi?
Dengan menerapkan knowledge management, maka dokter-dokter akan dengan mudah berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Karena knowledge management tidak hanya untuk perusahaan, namun antar personil pun bisa.

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">