Sistem Organisasi dan Manajemen pada Perusahaan Industri Teknologi

1. Profil perusahaan Kaskus :

kakus

Nama               : PT. Kaskus

Alamat             : Menara Palma Anex Building lt 10 dan 11, Kuningan

Kota/ Negara   : Jakarta Selatan

Kode Pos         : 12160

Telepon            : (+62) (21) 7225388

Website            : www.kaskus.us

 

2. Visi Misi Kaskus

 

Visi:

Menjadikan kaskus sebagai media untuk Indonesia untuk sharing,berbagi ilmu dan menciptakan kualitas internet yang sehat

 

Misi

menciptakan Forum Diskusi yang terdapat sharing dan berbagi Ilmu

menjadikan media Jual-beli yang Lengkap.

3. Struktur Organisasi

Setiap perusahaan pasti memiliki bagian-bagian yang saling berhubungan dengan tujuan kinerja seluruh karyawan semakin terarah. Selain itu juga adanya pembagian tugas masing-masing agar visi dan misi suatu perusahaan dapat tercapai. Seperti pada PT. Kaskus juga memiliki struktur organisasi yang terstruktur sehingga semua bagian dapat terorganisir dengan baik. Struktur organisasi sebagai berikut :

hhh

Keterangan :

a.      Chief Executive Office

Fungsinya adalah menetapkan kebijakan, memimpin, menyetujui dan mengkoordinasi pelaksanaan / operasional dari tujuan usaha tersebut.

b.      Chief Of Accounting

Fungsinya adalah menetapkan kebijakan, memimpin, menyetujui dan
mengkoordinasi pelaksanaan segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan
perusahaan.
Chief Accounting ini membawahi bagian Admin&Finance yang memiliki
tugas antara lain:
· Bertanggung Jawab Kepada Chief Acounting Di bawah pengawasan CEO
· Menghitung pemasukan dan pengeluaran keuangan
· Mencatat segala transaksi keuangan
· Membuat dan menyusun laporan keuangan
· Melakukan kegiatan surat menyurat
· Melakukan pengarsipan semua dokumen perusahaan
· Mentaati segala peraturan Perusahaan

 c.       Chief Marketing Officer

Fungsinya adalah menetapkan kebijakan, memimpin, menyetujui dan mengkoordinasi pelaksanaan segala kegiatan pemasaran perusahaan.
Adapun CMO membawahi bagian Business Development Officer, Sales Account Executive, dan Media Planner.

d.        Chief Information Officer(CIO)

adalah suatu jabatan strategis yang memadukan sistem informasi dan teknologi informasi (SI/TI) dengan aspek-aspek manajemen agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan sebuah perusahaan.

e.       Finance

Yaitu suatu serangkaian tindakan yang terorganisir dalam pengelolaan sumber dana/ keuangan. Dari pengertian tersebut staff finance bertanggung jawab terhadap segala aktivitas keuangan, baik dari pengelolaan, penerimaan, transaksi, pencatatan dan laporan.

Seorang finance dituntut ketelitian, keakuratan dan tentunya kejujuran dalam menjalankan tugasnya. Mengapa dikatakan demikian, karena pada bagian ini memiliki wewenang terhadap pengelolaan, pencatatan, penerimaan, dan pengeluaran keuangan perusahaan.

f.        Business Development

Business Development adalah salah satu fungsi manajemen perusahaan dalam upaya untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki oleh perusahaan. namun dalam pengertian yang lebih luas Business Development bukan hanya melakukan analisa bisnis yang ada pada saat ini tapi juga bagaimana mengelola opportunity business yang ada menjadi sesuatu yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan seluruh sumber daya yang dimilikinya

g.       Media Planning (perencanaan media)

adalah satu rencana kegiatan media untuk mengkomunikasikan satu pesan ke satu sasaran di waktu yang tepat dan frekuensi yang tepat. Tujuan dari satu rencana kegiatan media tersebut adalah agar menjadi efisien.yaitu untuk memperoleh keuntungan maksimal pada biaya minimum.

h.       PHP Programmer  

Adalah orang yang ahli dan mengerti Bahasa PHP. PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

 i.         Web designer

adalah orang yang tugasnya membuat tampilan halaman website sehinga tampak begitu cantik dan sedap dipandang mata. … Pemahaman tentang Client-side scripting seperti HTML, CSS, Javascript serta mengerti cara memanipulasi gambar / foto dan animasi adalah beberapa hal yang dikuasai oleh web desainer.

4. Strategi bisnis

Dalam penerapan strategi-strateginya, Kaskus juga mengoptimalkan bantuan IS/IT untuk membantu strategi-strategi tersebut dalam pencapaian tujuannya dan agar tercapai dengan maksimal, beberapa strategi Kaskus yang memerlukan bantuan IS/IT secara lebih mendalam adalah :

  • Strategi Promosi

Seperti yang telah penulis sampaikan diatas bahwa Kaskus dalam hal promosi sangat sunyi dan pasif. Dalam hal promosi dengan bantuan IS/IT juga bisa mendongkrak member Kaskus lebih banyak dan banyak lagi. Kaskus dapat melakukan promosi dengan cara melakukan membuat video promosi, ataupun juga melakukan promosi yang lebih intensif di sosial media.

  • Strategi Kenyamanan Pengguna

E-marketing yang dibentuk oleh situs ini tentu saja menujang pertumbuhan teknologi, sehingga memudahkan perusahaan atau individu untuk mengembangkan pemasaran yang dilakukan. Terdapat pula sisi negatif dari cybercommunities ini, yaitu tidak sedikit terjadinya cyber crime yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kaskus terbilang cukup baik dalam segi teknologinya karena  mereka melakukan perbaikan atau peningkatan kualitas jaringan per periode. Dengan hal itu dapat terbukti bahwa teknologi dari KASKUS merupakan teknologi yang cukup maju. Karena pada sebelumnya server kaskus terdapat di USA dan sekarang telah pindah server ke Jakarta. Dengan adanya penambahan server diharapkan bisa menambah kenyamanan member dan mengantisipasi melonjaknya member di tahun-tahun yang akan datang.

 

 

Sumber :

https://dimdimworld.wordpress.com/2016/03/26/perencanaan-strategis-isit-perusahaan-kaskus-google-dan-facebook/

http://sanggas.blogspot.co.id/2014/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html

http://fr3d00m.blogspot.co.id/2012/11/mengenal-kaskus.html

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *